“White Album” The Beatles akan dirilis lagi dalam versi baru

Jakarta (ANTARA News) – “White Album” karya grup legendaris The Beatles bakal dirilis kembali dalam versi berbeda bersamaan dengan perayaan 50 tahun album itu.

“White Album” akan hadir kembali dengan versi khusus, menampilkan demo dan sesi rekaman yang belum pernah dirilis sebelumnya, menurut thebeatles.com, seperti dikutip Selasa.

Album tersebut akan berisi 30 lagu dalam versi terbaru yang diproduseri Giles Martin dibantu Sam Okell untuk audio. Akan ada 27 demo akustik awal dan 50 sesi, yang sebagian besar belum pernah dirilis dalam bentuk apa pun.

Untuk menciptakan efek suara baru yang lebih baik, nantinya tim ahli akan bekerja untuk memulihkan audio rekaman lama di studio Abbey Road, London.

Martin mengatakan bahwa dirinya berusaha sebaik mungkin untuk mendekatkan para pendengar kepada The Beatles pada waktu mereka di studio. Ia dan timnya berharap dapat membawakan “versi lama” ini ke dalam bentuk baru, yaitu satu album yang paling beragam dan inspiratif yang pernah dibuat.

Album ini akan tersedia dalam beberapa kategori, seperti Super Deluxe, Deluxe, dan Standar 2LP Vinyl. Masing-masing kategori tentunya akan memiliki kelengkapan dan harga yang berbeda.

Enam set CD dan Blu-ray akan ditempatkan dalam buku dengan hardcover yang berisi 164 halaman. Akan ada pula empat foto album asli dari John, Paul, George, dan Ringo. Album ini juga akan dihiasi dengan foto-foto langka, tulisan tangan, yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Baca juga: Paul McCartney gelar konser dadakan di stasiun kereta

Selain Paul McCartney dan Giles Martin, beberapa tokoh pun akan ikut berpartisipasi dalam album ini dengan menuliskan beberapa sejarah mengenai The Beatles, seperti Kevin Howlet (sejarawan The Beatles), John Harris (jurnalis sekaligus penulis buku), dan juga Andrew Wilson (kurator senior asal Inggris).

Tulisan ini akan menceritakan The Beatles dari masa rilisnya “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band”, juga pemotretan “Mad Day Out”. “White Album” akan dirilis secara eksklusif pada 9 November mendatang.

“White Album” ketika dirilis 50 tahun silam terjual jutaan salinan (copy), dan telah menginsipirasi generasi-generasi selanjutnya dengan beberapa lagu seperti “Backt in the U.S.S.R.”,  “Dear Prudence”, ataupun “While My Guitar Gently Weeps”.

Baca juga: Versi terbaru “Let it Be”, film The Beatles akan dirilis 2020

Penerjemah Rizky Aulia Ramadhian

Pewarta:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018