Rapper Zico terkesan respons penonton Korea Utara

Jakarta (ANTARA News) – Tiba dari Korea Utara setelah tampil dalam pertemuan inter-Korea, rapper Zico mengaku terkesan atas respons penonton Korea Utara.

Zico adalah bagian dari delegasi budaya yang menemani Presiden Monn Jae-in dalam kunjungan untuk berdiskusi dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Selasa hingga Kamis pekan ini.

Zico membawakan lagu “Artist” yang dirilis pada 2017, sebuah lagu hip-hop funky dengan lirik rap menghibur, dalam pesta makan malam yang diadakan Kim pada hari pertama, bersama dengan rekan K-pop Ailee dan Ali.

Zico mengutip perkataan Ibu Negara Kim Jung-sook yang menyebutkan “orang terkeren dari delegasi Korea Selatan” ketika memperkenalkan Zico pada istri Kim, Ri Sol-ju, pada awal tiga hari pertemuan itu.

“Saya khawatir apakah genre hip-hop yang kurang familiar akan cocok di sana,” kata Zico saat diwawancara kantor berita Yonhap setelah kembali dari Korea Utara.

“Namun (Korea Utara) menunjukkan respons yang cukup untuk menghapus kekhawatiran itu.”

“Biasanya saya bilang ‘put your hands up’ (dalam bahasa Inggris) di tengah penampilan, tapi saya menggantinya dengan ‘angkat tanganmu’ (dalam bahasa Korea) dan para partisipan Korea Utara melakukannya,” ujar Zico.

Mengingat Kim duduk jauh dari panggung, Zico tidak bisa mengamati respons pemimpin Korea Utara itu terhadap lagu hip hopnya, namun ia mengatakan, “Secara keseluruhan, suasananya sangat bersahabat.”

Hal yang paling membuat Zico terkesan dari perjalanan ke Korea Utara adalah Gunung Paekdu, pegunungan di perbatasan China, di mana delegasi Korea Selatan dan Kim Jong-un serta istrinya mendaki bersama pada hari terakhir.

“Di jalan menuju gunung, mobil yang saya naiki sedikit bermasalah dan kami tiba agak terlambat. Ketika sampai, saya terpukau karena pemandangan sangat indah.”

Mie dingin khas Pyongyang juga berkesan bagi Zico yang menyantapnya di restoran Okryugwan. 

“Rasanya melampaui ekspektasi saya,” katanya tentang mie dingin.

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2018